Mengapa manusia takut hantu?

hantu19

Ilmuwan memperkirakan kepercayaan pada obyek supranatural semacam monster atau hantu sudah ada sejak manusia diciptakan. Tapi mengapa manusia percaya pada supranatural ?

“Masalahnya sederhana saja mengapa orang mau percaya. Otak manusia selalu mencoba mencari tahu mengapa sesuatu bisa terjadi dan saat alasannya tidak ditemukan kita cenderung membuat penjelasan yang aneh,” kata Brian Cronk profesor psikologi di Missouri Western State University AS.

Pada penelitian 2006, peneliti mendapatkan hasil yang mengejutkan. Kelompok manusia yang paling terpelajar yaitu mahasiswa juga percaya sihir, telepati atau komunikasi dengan orang yang sudah mati. Mereka juga percaya rumah bisa dihuni hantu.

Ilmuwan memperkirakan kepercayaan pada supranatural itu sudah ada sejak manusia diciptakan. “Walaupun sulit untuk pasti, tapi kecenderungan untuk percaya pada paranormal sudah muncul dari zaman dulu. Apa yang berubah adalah isinya. Misalnya saja kini tinggal sedikit orang yang percaya pada peri. Tapi saat kepercayaan pada peri memudar, kepercayaan pada UFO semakin tumbuh,” kata Christopher Bader, sociologis Baylor.

“Itu merupakan kemampuan otak untuk mencari tahu penyebab dan dampaknya. Kemampuan untuk memperkirakan masa depan itu membuat manusia makin pintar, tapi juga memiliki efek samping misalnya saja percaya pada paranormal,” kata Cronk.

“Manusia mulai percaya pada supranatural karena mencoba mencari tahu yang tidak bisa dijelaskan. Ini prosesnya sama dengan kemunculan mitos. Pada saat manusia tidak paham mengapa matahari terbit tiap hari, akhirnya menyimpulkan karena ditarik ke segala penjuru surga dengan kereta kuda,” kata Benjamin Radford, penulis buku mengenai paranormal.

Kepercayaan itu muncul sebelum ilmu modern bisa menjelaskan. Radford mencontohkan, manusia tidak paham bagaimana penyakit bisa menular dari orang ke orang. Mereka tidak tahu bagaimana bayi mati saat lahir, atau mengapa bisa terjadi kekeringan. Manusia akhirya percaya hal itu disebabkan oleh supranatural,” katanya.

“Semua lapisan masyarakat menggunakan supra natural untuk menjelaskan sesuatu yang tidak dipahami. Bahkan untuk saat ini orang percaya bencana atau nasib buruk disebabkan oleh sihir atau kutukan,” kata Radford.
__________________

About judi2010

aku adalah sosok laki2 yang mengutamakan kedamaian dalam hidup dan matiku..aku gak ingin orang lain menangis karenaku..walau kadang karena sikapku terkadang membuat orang yang aku cintai menangis..tp semua aku lakukan demi orang2 yang memang pantas mendapatkan pengorbanan dari aku....karena aku mencintai "Cinta"
This entry was posted in bukan politik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to Mengapa manusia takut hantu?

  1. refo amani says:

    itu mah tergantung ama kepercayaan kita …..
    kalo saya mah gak percaya ma gituan mah …
    soal nya kita punya agama loo ..

    • judi2010 says:

      terima kasih telah berkunjung ke Blog saya yah…maksud tujuan artikel ini hanya untuk memberikan wawasan dan pencerahan kenapa manusia bisa takut dengan hantu…

    • hilda says:

      hantunya gak kelihatan?

      • wati says:

        tidak smua hantu tdk klhatan. sya pernah melhat hantu….., bkan brarti kta hrus takut,hanya rupanya yg seram, spntan kta merasa ktkutan. kta sbgai mnusia harus percaya bahwa kta di ciptakan 2 alam yg berbeda. yaitu: alam nyata dan alam ghaib.

  2. hilda says:

    hantunya oon tau?

  3. raditya angga says:

    hahahah,,gag tw tuh kak,,serem aja kali yah,,,
    bagaimana kabarnya bang judi??indoforum oke

    salam indoforum member aNgGha

    http://goupgoup.wordpress.com

    keep blogging!!

  4. lia says:

    alah boong tuch!
    q ma ga prcya ma gtu2an?

  5. WIDIA says:

    saya pikir,percaya hal-hal ghaib itu memang hrs.tp ktakutan itu ditimbulakan manusia itu sendiri.

  6. tyo says:

    hantu? kenapa takut?

  7. idher says:

    saya ngga percaya dengan adnya hantu………..
    itu hanya tergantung iman kta..,,
    klu yang lemah imannya pasti akan percaya dengan adanya hantu…………….
    HUANGANGO HANTU>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  8. idher says:

    apakah hantu itu ad…?????????

  9. nican says:

    kl takut brarti menyeramkan

  10. yunita says:

    g semua manusia koq..
    mngkn orng tkt hantu karena bentuknya aneh.
    tyuz dampak akibat nntn film horor.
    or mungkin dy sering berimajinasi tentang hantu..

  11. ronny says:

    karna hantu tu jlek,coba dy cntik, pasti saya mw am dy……
    hehehehe.hihihihihi

  12. hazna says:

    saya percaya dengan hantu karena saya sudah pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri hantunya berkeliaran di jalan
    http://www.alatmasakdapur.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s