Menghitung Masa Subur Wanita (KB Kalender)

Menghitung Masa Subur Wanita


kb-calendarPantang Berkala atau lebih dikenal dengan sistem kalender merupakan salah satu cara/metode kontrasepsi sederhana yang dapat dikerjakan sendiri oleh pasangan suami istri dengan tidak melakukan sanggama pada masa subur. Metode ini efektif bila dilakukan secara baik dan benar. Dengan penggunaan sistem kalender setiap pasangan dimungkinkan dapat merencanakan setiap kehamilannya.

Sebelum menggunakan metode ini, tentunya pasangan suami istri harus mengetahui masa subur. Siklus masa subur pada tiap wanita tidak sama. Untuk itu perlu pengamatan minimal 6 kali siklus menstruasi. Berikut ini cara mengetahui dan menghitung masa subur :

Bila siklus haid teratur (28 hari) :
• Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
• Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

Contoh :
Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari. Pada tanggal-tanggal tersebut suami isteri tidak boleh bersanggama. Jika ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus (bisa dilihat di artikel tentang sanggama terputus).

Bila siklus haid tidak teratur :
• Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
• Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

• RUmus

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh :

Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)

Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid. Pada masa ini suami isteri tidak boleh bersanggama. Jila ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus.
Kontrasepsi dengan menggunakan sistem kalender dapat menghindari risiko kesehatan yang berhubungan dengan kontrasepsi. Bagi keluarga yang kesulitan untuk mendapatkan alat kontrasepsi sangat cocok untuk menggunakan metode kontrasepsi ini selain tidak memerlukan biaya juga tidak perlu mencari tempat pelayanan kontrasepsi.

Menggunakan sistem kalender perlu kerjasama yang baik antara suami istri karena metode ini perlu kemauan dan disiplin pasangan dalam menjalankannya. Masa berpantang yang cukup lama akan mengakibatkan pasangan tidak bisa menanti sehingga melakukan hubungan pada waktu masih berpantang. Tapi bukan masalah bila saja pasangan membiasakan menggunakan kondom pada saat subur.

Dikutip dari berbagai sumber. ( www.ciptakreasi.weebly.com )

About these ads

164 Responses

  1. mav nie bro,
    kmarenkan bini w dapet tgl 29,
    trakhr dapet tgl 4.
    Truz w brhubungan ma dya tgl 6 nd sperma w keluar di dalem,,
    kira2 hamil gk ya..?
    Tolong bgd dong di bantu soalnya anak w dah 4 nd istri gk mau pke KB.

    • kemungkinan kecil untuk bisa hamil..sebab sel telur belumlah matang secara sempurna. Jika memang risau dengan jumlah anak…usahkanlah kb…bisa suntik, atau dengan IUD (alat kb dengan cara ditanam di lengan istri) demi kwalitas pendidikan anak sebaiknya lakukan walupun itu merepotkan

    • sy mau tanya,setelah melahirkan sdh 8bln sy blm haid.bgaimana cr menandai ms subur sy?trima kasih

      • boleh tahu berapa usia ibu?….jika memang masih usia produktif ibu sudah berhenti haid sebaiknya periksakan diri ke dokter…

  2. Maaf sy mau nanya bln kemren sy dpt haid tgl 10 mei slsainya tgl 17 trus brhubungn sm suami tgl 19 trus d’keluarin d’dlm…kira2 bisa hamil tdk…? bln 4 kmren sy bru lps pke suntikn krn sering pusing… trus smp hr ini sy blum haid… tlg yh d’bantu…

    • untuk lebih lebih pastinya coba ibu periksa kedokter atau tester pack yang bisa di jual di apotik….jika ada reaksi kurang enak mengunakan Kb suntik cobalah KB dengam jenis alat lainnya seperti IUD ..terima kasih telag berkunjung

  3. saya sdh coba 2kali dgn menggunakan tespack urien pertama stlh bangun tidur tp hasilnya negatif terus….dan tanda2 awal kehamilan seperti mual, sering buang air kecil dan payudara membesar blum ada sy rasakan semua masih seperti biasanya… tp saya mengalami keputihan… Tlg yh d’bantu… Makasih….

    • kalau di lihat dari waktu selesai haid dan waktu berhubungan , memang kecil kemungkinan terjadi kehamilan karena sel telur juga belumlah matang secara sempurna, tapi kemungkinan tetap akan ada. biasanya jika memang sel telur itu sudah bisa dibuahi sewaktu hubungan intim , bisa dilihat hasilnya melalui Tespack 3 minggu kemudian setalah berhubungan pertama kali selesai menstruasi. namun jika setalah 3 minggu setalah hubungan intim ternyata hasil tespack negatif bisa dikatakan memang belum terjadi pembuahan pada sel telur sehingga hasilnya negatif.

    • Mau nanya ni pak,
      istri saya dapet men tgl 20, lalu saya berhubungan ML tgl 29 nembak dluar tapi ada sdikit netes didalam, apakah bisa hamil?? Tolong jawab ya pak. Tq

  4. malem , saya ngelakuin pas masa subur, tapi suami saya ngeluarinnya diluar. apa saya bs hamil ? dan lagi saat berhubungan dia duluan keluar dan saya belum. trus dia maenin pake tangan posisi saya berdiri, saat orgasmesaya keluar sel ovum jatuh ke lantai. bs hamilkah saya ? saya belum berniat hamil saya masih pengen sekolah lagi. tolong infonya ya , tks ya .

    • ibu/mba rahayu Yth…

      diurut dari ceritanya sepertinya kecil kemungkinan bisa hamil….walaupun kemungkinan tetap ada….kadang berhubungan secara sempurnapun (tanpa terputus) belum tentu bisa menghasilkan kehamilan…untuk lebih meyakinkan lagi ibu/mba bisa membeli alat tes kehamilan 2 minggu setelah berhubungan terakhir…dari situ kehamilan bisa diketahui…

      • Tapi sel ovum kan sudah keluar.andaipun sel ovum terbuahi apakah sudah ikut keluar? Sebelumnya Tks ya

      • pada intinya..sel sprema ataupun sel Ovum yang telah berhubungan dengan udara diluar bisa dipastikan tidak bisa hidup dan berkembang kecuali dengan tindakan medis dengan alat seperti perlakuan inseminasi buatan(bayi tabung)

  5. aku dah 2taon nikah tapi lum di kasih momongan
    tapi tu ga terlalu
    semenjak aku married siklus haid aku mulai ga lancar
    awalnya telat 5bulan
    trus 3bulan
    trus sekarang dah telat 3bulan lagi
    yang telat 2bulan 2bulan dah ga keitung
    perut bagian bawah juga sering sakit
    padahal dulu waktu masih gadis ga pernah gitu sekalipun lagi mo haid
    kami lum pernah cek ke dokter
    yang mo aku tanyain apakah dg postur tubuh 80kg/150cm aku masih bisa punya anak?
    apakah dengan perut yg sering sakit n siklus haid yg ga teratur aku bisa mengalami penyakit yg berbahaya?
    apa yg harus aku lakukan?

    • sebaiknya perlu ada pemeriksaan medis…
      mengenai postur tubuh ibu , tidak ada kaitannya dengan kesuburan dengan postur tubuh…
      haid yang tidak lancar diduga penyebab dari semua masalah yang ibu keluhkan…mengenai rasa sakit dan kesuburan…saran saya segeralah periksakan ke dokter.

  6. tlg bantuan semuanya.aku udah menikah&punya anak 1.setelah itu aku pakai suntik kb.mulai hari pertama suntik kb aku tdk mendapat haid sampai hampir 3th aku suntik tetap tidak pernah haid.setelah itu aku ganti pakai pil kb ternyata sama saja aku juga tak pernah dpt haid smp skrg udah hampir 8th.awalnya aku anggap biasa klo suntik atau pil gk dapat haid itu wajar tapi akhir2 ini aku sering sakit pada perut sering mual&pusing.mohon saran dari teman2 semua kb apa ya yg bisa buat aku dapat haid secara normal.bagi dong pengalamannya jika ada yg pernah alami spt aku.mkasih semuanya

  7. pagi mbak
    i hadi pertama tgl
    28 dan trakhr tgl 2 tapi siklus haid i gk tratur
    kira2 tgl brp masa subur i ya

  8. Saya mau tanya, saya dah buka spiral copper T 2 bulan lalu setelah pemakaian hampir 5 tahun. Saya ingin hamil anak kedua. Tapi kok susah sekali hamil, pdhal berhub waktu masa subur. Apa memang susah hamil krn pake spiral

    • pemakaian alat KB spiral tidak berhubungan langsung dengan kerja hormon wanita. Hamil atau tidak hamil sepertinya itu kembali pada kondisi pasangan masing-masing..

  9. Sya bru prtma x sntik KB yg 3 bln.Hri ini sya sntik,trus mlm nya brhubungn,apkh sya akn hmil?

  10. Berarti masa subur ddalam seebulan cuma. 4 ♓Δ® ĭ Ψa.saya. Jugga Be|☺♏ siap hamil tp gak mw bkalo hbungan. Terputus gak enak

  11. saya sntk kb yg 3 bln telat suntik 1 mggu karena haid selama 3 mggu, setelah selesai haid berhubungan 1 x terus baru sntntik kb ya ke 2, apakah bisa hml?

  12. apakah boleh habis suntik kKB langsung berhubungan? tq

  13. Saya mens tgl 31 terakhir tgl 8.kpn masa subur saya?saya pernah berhubungan pd wktu ms subur.td suami d kelurkn d luar.apkh sy bs hamil?

  14. sya haidnya tdk lancar, siklus nya kadang 30 hari tapi bln ini 50 hari, jd mau tanya bisa di hitung gak masa subur saya dan apakah sya bisa hamil??? usia sya 29 tahun, sudah menikah hampir 4 tahun. balas ke email ya !! Thanks…

  15. mo nanyak nie istri saya haid tg 04 jan 2010, kapan masah suburnya..?

  16. saya sudah 2tahun menikah, umur saat ini 26tahun. bulan okt tgl 10 tahun 2010 operasi miom,setelah 2bulan kontrol ke dokter dan diharuskan program hamil..saya mulai haid tgl 27 des 2010 selesai tgl4 jan 2011…saya di beri obat penyubur dan berhubungan tgl8,9,10..yang saya tanyakan apakah saya bisa hamil..terimakasih…

  17. selama dokter menyatakan tidak masalah dengan kesuburan ibu dan suami…Insya Allah bisa hamil ….yg terpenting jaga kesehatan, kurangi stress, perbanyak makan sayuran, dan jalani pola hidup sehat

  18. mo nanya, saya suntik kb 3 bln, stlh habis masa suntik itu berhubungan,apakah bisa hamil, karena ssampai 2 minggu saya nggak dapat haid, dan waktu saya cek negatif

  19. dr. saya umur 19th… saya haid prtama klas 6SD, haid ke dua klas 1 SMP…. sekarang saya sudah menikah baru 4 bulan…. tapi dari saya SD – menikah ttp mens sya gak lancar… tapi mensnya normal2 aja berjalan 6-7 hari bersihnya…. pernah kedokter dikasih regumen setelah g minum g lancar lagi dr. bantu saya? apa ini berbahaya??? apa saya masih bs hamil…. trmksih.

  20. mau nanya kalo brhbungan setelah masa sbur apakah bisa hamil?

  21. jadi intinya agar tdak trjadi hamil mlakukan hubungan sebelum masa subur atau sesudah masa subur?mhon pnjelasan,mkasih.

  22. mohon dijwb. haid terakhir istri tgl 9 atau 10 maret. trus kami berhubungan tgl 11 maret dan dikeluarkan di dlm. istri bisa hamil gk y? catatan: saya sdh divasektomi 6 bln yg lalu, sebelumnya istri kb spiral tapi baru saja dilepas minggu lalu. makasih.

  23. saya mw tanya, bulan februari sy dpt haid tgl 4 februari, sdang bulan maret saya dpt haid tgl 13 maret, gimana menghitung masa suburnya?

  24. bulan ini sy terakhir suntik kb, apakah dlm sebulan ini bs hamil krn bln depan dianjurkan utk tdk suntik lg..

  25. haid tgl 2 april sd 9 april. 6 april suntik kb 1 bulanan/cyclofen, apakah mgkin terjd pembuhaan dibln april itu. haid sy teratur stp tgl 2 atau 3 setiap bulannya jd ms suburnya tgl brp?

  26. istri mens tgl 28 maret….kami melakukan senggama tgl 17 april..dan dikeluarkan di dalam…hamil ga ya?

  27. sori ralat..
    saya mulai haid tanggal 7 dan akhir haid tanggal 16. saya berhubungan tanggal 18, kira kira saya dalam masa subur g ya? dan apakah bisa hamil,,??
    tanks

  28. Mau tnya ni tLg di jwab ya,
    istri sy hbis nikah sm sy Lgsung sntik kb 1 bLan and haid’nya berjLn sperti biasa tp hbs itu ganti 3 bLan dan dia ngefLek tyus, qt jg tys mLkkan hbgan, ini sdah 3 bLan Lpas kb tp gag pernah dpet menst apa ada pengruhnya dgn kb, tyus gmn crnya agar dpet menst Lg biar dpat ms subur soalnya qt udah pgen mo2ngan,, thks

  29. Haid sy terpendek 29 hr terpanjang 33 hr masa subur sesuai rumus hr ke 11-22.sedangkan sy haid 7 hr apakah 3 hr stl haid ovum sy sdh matang? Kapan masa subur sy
    By titik

  30. usia sy 27 thn, mulai gadis sampai menikah sy tdk prnh mengalami terlambat haid bhkn wkt hamil sy jg sempat mens rutin slm 3 bln. namun kondisi ttp fit, dan sampe skrg tdk ikt kb(senggama terputus). yg sy tanyakan;
    1. apakah bisa cpt menoupuse dgn kondisi haid yg sgt teratur
    2. bln april sy mens tgl 5 dan bln mei jg tgl 5. jika tgl 27 ini kita melakukan senggama di keluarin d dlm, apakh bisa hamil?
    trims, sy tggu jwbannya

  31. istri saya hadi tanggal 15 Mei , dan hari terakhir haid tanggal 20 Mei , saya berhubungan dengan istri saya tanggal 7Juni …… apakah bisa hamil …/?

  32. istri aku dulu pakai kb suntik, trus 1 bulan ni berhenti, selama pakai suntik sampai sekarang belum pernah mens, kira-kira kenapa? kalo berhubungan keluarin didalam kira-kira tetep bisa hamil kagak yaa?

  33. mw tanya ni, kalau tgl 1 mei saya haid bersihnya tgl 7, na pada tgl 8 saya ML dengan suami saya dengan tebak dalam. tampa menggunakan KB apakah itu bisa hamil???

  34. saya mau nanya nih, kalo saya selesai haid tngl 12 trus saya berhubungan tanggal 15 dan pas keluarin di luar, itu aman tidak ya? mohon di jawab

  35. Maaf mau nanya sy kb suntik 1 bulan. Besok tgl 24 september . Sy mau ikut kb kalender. Trus subur sy kpan . . . Trimakasih,

  36. saya sdh mempunai anak 1, lai2, n berumur 2 tahun, rencananya saya mau hamil kmbali, sy berencana ingin mempunyai bayi perempuan, adakah tgl khusus masa suburnya ya? krna pernah ada yg bilang masa suubur itu, 3 hari sblum haid, n 3 hari sesudah haid, saya klo haid mmg teratur, bulan ini saya haid pertama tgl 3 oktober, kira2 kpn waktunya ya, terimakasih..

    • masa subur 2 minggu setalah haid

      • maaf, klo utk cara mendapatkan anak perempuan, mngkin ada cara2 khusus, dr posisi berhubungan ataupun jenis makannya nya,,
        terimakasih..

      • semua kembali kepada tuhan…namun manusia juga diperbolehkan untuk berusaha. disarankan jika ingin mendapatkan anak dengan jenis kelamin wanita sebaiknya mengusahakan diri agar pasangan suami istri memiliki kondisi tubuh basa. karena dalam kondisi basa spermatozoa dari jenis kelamin perempuan akan lebih banyak hidup dibandingkan kondisi tubuh dalam keadaan Asam. Kondisi asam banyak faktor yg menyebabkan ,strees,kelelahan, rokok, dan prilaku hidup yg kurang sehat lainnya. Kondisi basa bisa diupayakan dengan banyak mengkomsumsi buah dan sayuran,serta mengurangi komsumsi daging merah, seperti daging sapi,kambing, kerbau dll. untuk lebih info lebih jelas cobalah konsultasikan pada dokter anda

      • Maaf, tanya lagi,, : )
        masa subur 2 minggu, itu berapa lama/ hari masa suburnya?
        apa sampai dgn dtg nya haid selanjutnya..
        terimakasih..

      • masa subur berakhir beberapa hari menjelang Mensntruasi..karena sel telur yang sudah matang dilepaskan untuk digantikan yang baru

  37. haii….gabung tanya ya….
    aku pengantin baru hampir 2bulan,malam pertamaku istriku haid 1 minggu….setelah itu kami baru MP,setelah 1 minggu dia haid lagi….1minggu kemudian dicek hasilnya negativ,kemudian kami berhubungan lagi…sampe sekarang dia belum haid….tapi mau dicek lagi takut kecewa…menurut kamu gimana ya…..ada kemungkinan hamil ga ya….

    • selamat menempuh hidup baru pak…tingkat kesuburan wanita mencapai puncakya setelah 2 minggu selesai haid…namun untuk mendapatkan kehamilan tidak hanya berpatokan pada apa siklus haid tersebut. tapi juga kesuburan dari pihak suami dan faktor yg lainnya. misalnya tingkatan stress juga bisa mempengaruhi…kesibukan yg tinggi dan lainn-lainnya. cobalah konsultasikan dengan dokter kandungan

      • Saya mau nanya saya dapet haid tgl 9 atau 10. Januari klo gk salah,, setelah 3 hari haid saya saya ml,,tpi itu haid saya gk keluar lgi,,, hari ke 3,, tpi biasanya saya dpat haid 1 minggu,, trus saya ml,, tpi saya ml sama suami,, apakah itu masa subur,, tpi waktu ml penisnya suami saya pas mau ejakulasi dikeluarin apakah saya bisa hamil,,krna saya lihat ada sedikit sperma jatuh di dekat vagina saya,,tpi di pinggir di dekat selangkangan,,, krna sebelumnya saya juga ml,, sama dikeluarin juga,,tpi akhir” ini saya sering mau muntah rasanya mual,,tpi gk muntah,,ini ml yg kedua kalinya,,

      • kecil kemungkinan hamil…walaupun tetap ada kemungkinan

  38. haid 1 tgl 1 nov terakhir tgl 6, tgl 15 ml dgn istri keluarin di dlm tanpa pengaman. kira2 hamil ndak ya.

  39. Saya baru melahirkan, anak saya baru usia 5 bulan.
    Terakhir saya haid tanggal 6 selesai tanggal 13,
    dan tanggal 24 saya melakukan hubungan dan sperma keluar di dalam,
    Saya belum pnh KB sama sekali..apa saya bisa hamil?
    Terimakasih…

  40. met sore,gabung donk. mw tanya
    tgl. 19 Nopember lalu saya baru menikah. haid tgl. 06 nopember . apa bisa hamil jika suami mengeluarkan sperma di dalam? karena jujur masih belum siap untuk punya anak. tolong rekomendasi KB apa yang aman? terima kasih sebelumnya

    • kemungkinan hamil tetap ada….untuk kecocokan jenis kontrasepsi sebaiknya ibu konsultasikan kepada dokter …semua alat Kb yg sudah teregistrasi aman…tinggal bagaimana kecocokannya dengan pemakai

  41. saya mau nanya,,,siklus haid saya koq lama banget ya…9-14hr
    saya pake kb pil,,klo mau ganti kb,,,sebaikx apa,,,?
    trus dgn siklus haid yg lama,gimana cara menghitung masa subur saya,,,?tq

    • Kb mengunakan Pil atau suntik mempengaruhi kerja hormon dalam tubuh sipemakainya…keterlambat haid bisa disebabkan karena pemakaian pil atau Kb suntik

  42. ass dok bulan agustus tgl 16 saya kb suntik tiga bulan satu bulan kemudian saya mens sampai jatuh tempo harus kb lagi tanggal 8 nov tapi berhubung saya masih mens dan baru berhenti seminggu yg lalu itupun karna saya kebidan dan disuntik untk memberhentikan mensnya saya blm kb lagi dan seminggu yg lalu saya berhubungan tapi keluar diluar itupun karna di kocok pkai tgn apa saya bisa hamil?anak saya baru tjuh bulan dok

  43. Pagi… Mau tanya dong… aku selama ini tidak KB tapi suami ku selalu buang sepermanya di luar… karena siklus haid ku selalu tidak beraturan misalkan bulan januari tgl 6 lalu bulan februari bisa tgl 30/31 januari aku mau tanya cara menghitung masa subur saya yang jdwal haidnya selalu mundur 1minggu…. terima kasih sebelumnya..

  44. Aku ℳªü nanya bila siklus haidku terpendek 18 hari ϑαn
    Hari terpanjangnya 52 hari,bagaimana cara menghitung masa suburnya??. ҉М̣̣̥̇̊ɑ̣̣̝̇̇к̣̣̥ɑ̣̣̝̇̇ƨ̣̣̣̇̇̇̇ȋ̝̊̅̄н̣̣̣̝̇̇̇ ҉ dok…

  45. ass..sya mw tnya ,tgl 23januari haid slsai hri ni tgl 28 kpan dkatakan masa subur nya? bgz ml ny ma suami sya biar berbuah kpn ya?

  46. saya pengen berhubungan intim ni dg istri saya,tetapi takut hamil.saya masih belum siap untuk punya anak.
    menurut temen2 saya seminggu sebelum masa haid,tp sy masih ragu dg pendapatnya nih!
    cara untuk melakukan hubungan intim agar tidak hamil bagai mana ni?tolong bantu y.

  47. saya sudah tidak lanjutkan suntik 3 bulanan.. mulai 1 bulan yg lalu..
    tp smpe sekarang belum haid..
    tp kita berhubungan di keluarkan di luar.. apa kemungkinan bisa hamil? karna pernah ada bercak darah 1x ..

  48. Hai ♏ªϋ tanya nih,bulan kemarin ƍώ dapet tanggl 15 trus bulan ini tgl 17.trus ƍώ pas suburnya tanggal berapa ya???

  49. fn
    dok mau tanya sya mengikuti kb suntik slama 3thn
    sya sudah melepas kb sktr 8 bln
    saya bru mndapat kan mens lagi kira 2mgg kmrin tapi tidak teratur
    tapi 1hr kjmrin saya mndapatkan lg darah keluar dari rahim saya akn ttapi sdkt
    apa saya bisa hamil dok

    • kemungkinan hamil masih tetap ada bu..hanya saja kemungkinan ketidakteraaturan itu karena ibu mengunakan kb suntik yg biasanya pasti mempengaruhi siklus dan hormon-hormon kewanitaan ibu…setelah bebarapi lama Insya Allah nanti juga akan normal kembali

  50. Ass,,,perkenalkan saya ibu rumah tangga umur 23 thn baru dikarunia anak 1 umur 11 bln,,,saya mau tanya apakah saya bisa hamil jika saya melakukan hubungan suami istri disaat besok paginy sudah jadwal suntik KB 1 bln,,yaitu tgl 14 juni kemarin,,tpi di malam tgl 13 juni saya berhubungan suami istri dan sprema di keluarkan di dalam apakah saya bisa hamil,,demikian terima kasih,,,

  51. sy mens mlai tgl 11 agustus,slse 17 agustus.brhubngn tgl 20..dkluarin dluar..tp abis tu tnpa dcuci dmsukin lg..tp cm sbntr bu…kira2 bs hmil ga ya bu???/demikian..trmksih,,,

  52. maaf saya mau tanya,
    saya baru menikah, dan belum berencana punya anak, tapi belum sempat kb,
    hari pertama mendapatkan haid waktu tanggal 2 agustus,
    melakukan hubungan suami istri pada tanggal 24 dan 25 kemarin, walaupun agak ragu tapi suami saya berfikir ada sperma yang keluar di dalam walaupun sedikit.

    mohon dibantu, apa ada kemungkinan hamil?

    terimakasih…

  53. pada saat awal tdk mngunakan kondom tp blm pentrasi..lalu saya mengunakan kondom..apakah ada kmungkinan hamil//

  54. saya ingat mens bulan agustus tanggal 20. tp utk bulan september saya lupa mencatat tgl berapanya. kalo dihitung jeda masa haid saya kadang 19/23 hari ke mens berikutnya, ada kemungkinan saya mens di tgl 13 september. Yang saya bingung kan seharusnya bulan oktober ini saya dapat mens tgl berapa y? krn sampai skrg belum dapat mens. Khawatir hamil deh…tolong bantu ya…thanks

  55. q mw tanya kemarin tgl 21 saya haid trus tgl 12 saya melakukan hbungan swami istri,kok tanggl 13 saya lasung haid,,,,,,apakah itu bisa hamil

  56. mw tanya masa haid itu di hitung smpe benar2 bersih (tanpa flek) ataw gimana??
    kmarin sy haid tgl 2 lancarnya sampe tgl 5, pas tgl 6 sblum bersih total (masih ada flek) sy berhubungan tp (maaf) sperma,y di keluarin di d permukaan vagina gak saat d dalem
    kira”bisa hamil gak yaa???

  57. kmren tgl 10 april sperma ya kluarin di rahimnya ? apa bisa hamil
    trakir M tanggal 15 maret ? thnx

  58. umur sy 44 thn dan mau menikah lagi,menst sy msh lancar calon suami pingin punya anak dr saya tp saya takut apa tidak bahaya tuk melahirkan mengingat umur dah tua …sblmnya saya dah punya anak satu umur 25 thn

    • sebaiknya ibu berkonsulatasi dengan dokter terdekat….untuk melakukan pemeriksaan secara fisik jika memang berkeinginan untuk punya anak lagi disaat usia tidak lagi muda…semoga ibu medapatkan arahan yg lebih memadai

  59. mau minta tolong …saya punya istri..
    dan kami berduaan tapi kami cuman ciuman dan berpelukan…

    dan maaf istri saya onani pada P saya sampai keluar..
    dan tangan istri saya kena sperma saya..

    tapi…tangan istri saya di usapkan pada kain sampai sperma hilang atau kering…

    dan istri saya cebok apa sperma yang sudah hilang bekas setelah di usapkan di kain masih ada apa udah hilang?apa sperma nya bisa masuk dan bisa mengakibatkan hamil?

    tolong pemberitahuanya..terimakasih..

    • kemungkinan kecil sekali untuk hamil….logika mudahnya pak…berhubungan secara sempurna sajapun belum tentu hamil …apalagi dengan kondisi sperma yg sudah terhubung dengan udara. tapi mengapa bapak harus takut istri hamil?? bukankah itu harapan setiap pasangan suami istri???

  60. saya mau nanya saya berhubungn sex dengan suami saya hampir tiap hari bahkan sehri bsa 2 kali berhubungan…tp ko sya juga ga bsa hamil ya….sekarang ne saya menstruasi tanggal 20 mei 2013..sya mau tanya masa subur saya kpn ya….

  61. maw tny istri kb suntik 3bln..pd bln k3 dia haid..slsi haid suntik lg 3bln..tp smp bts suntik lg tidak haid..seminggu kemudian ml dkluarn ddlm..tnp suntik kb dl..apakah peluang hamilny besar?

  62. kalau siklus aku nggak teratur,dan aku pengen tau masa subur aku skrng,apakah harus menunggu smpai 6 bulan kedepan untuk menghitungnya?

  63. Nanya ne, wkt yg paling aman tuk berhubngan ssd trakhir hait??!

  64. Malam Dok mau tanya nih.saya sudah 6 bulan menikah belum di karuniai anak.terakhir istri saya mens tangal 22-6-13 selesai mens tangal 28-6-2013.nah petanyaanya tangal berapa masa kesuburanya Dok..Terima kasih.Mohon di jawab Dok

  65. malem..mo ty, sblmx sy pake kb suntik 1bln, tp perubahan drastis diberat badan.., skr sy beralih ke kb kalender, mens sy dpt pertama tgl 16 agt’13, diitung ma bidan, ms subur sy hr ke 10-20, jd sktr tgl 25 agt-4 sep. apakah benar spt itu..?maaf, krn sy msh bingung itung2anx..tlg penjelasannya..makasih.

    • hitungannya sudah benar bu…kematangan sel telur dikisaran hari ke 10-hari ke 20…hitungan hari pertamanya dimulai saat Mens ibu berhenti bersih

  66. ass,
    sy seorang ibu,anak saya baru 3bulan.. setelah selesai nifas di akhir agustus.tanggal 5-8september saya mens,stelah mens beberapa kali saya berhubungan dengan suami dan sperma dikeluarkan di luar karna saya blum sempet KB,2 minggu setelah mens itu baru saya suntik KB,tepatnya tgl 22 sept,sampai sekarang tgl 8 saya belum mens lgi mungkinkah saya,hamil?sy takut soalnya anak sy msih sangat kecil.thanks

  67. jefry…mau nanya pak…kalo istri saya haid mulai tgl 4 dan kdang berakhir smpai tgl 7/8 trus kami melakukan hubungan intim di tgl 21 trus spermanya di masukin cuman sekali apa istri saya bisa hamil tidak pak…tolong di jawab ya terima kasih banyak….

  68. kalau KB suntik yang 3 bulan zkali baru 1 x zuntik brapa lama saya harus nunggu suburnya kmbali rahim zaya ?

  69. maaf numpang nanya nih ..
    istri saya haid tgl 13slesai tgl
    18lalu saya berhubungan intim
    tanggal 21 lalu saya keluarkan di
    dalam. apakah besar
    kemungkinan akan hamil

  70. maaf mau bertanya nih saya.. kalu mens nya tanggal 8 selesai tanggal 13
    nah seling tiga hari selesai mens tanggal 16 nya itu saya ml.? apakah aka hamil ..?

    terimakasih

  71. saya mendapat haid tgl 14 November 2013 dan berakhir pada tanggal 20 November 2013. Lalu saya melakukan senggama pada tanggal 21 November. Setelah 6 hari saya tes dan hasilnya negatif. Apakah ada kemungkinan hamil? Terima kasih..

  72. Maaf dok saya mau nanya
    waktu tanggal 15 November kan sebenar nya saya suntik KB yang ke-2 tapi saya telat 2 hari jadi saya suntik KB nya tanggal 17 November .
    Saya Haid bulan kemaren kan tanggal 5 November , nah . . Terus tanggal 5 bulan desember sekarang itu saya belum haid2
    pas tanggal 6 bulan desember nya suami saya ppulang & kami berhubungan intim .
    Saya khawatir saya hamil lagi karna anak saya baru berumur 5 bulan . Kira2 menurut dokter saya hamil lagi engga ya dok . Tolong jawab ya dok :(

  73. mau tanya dong saya menikah 2 bulan saya pingin cepat bgt hamil. nah mens saya datang setiap tgl 16 selesai tgl 19 tgl 20 sampe skg kita masih melakukan hubungan intim kira2 uda hambil gk yah? dan tanggal brapa ya masa subur saya ??

  74. Hi Pak Dokter,

    Dibaca dari penjelasan bawah, masa subur kita ada di 2 minggu setelah haid. Jadi apakah kita hanya aman berhubungan di minggu pertama setelah haid, dan akan bahaya di minggi terakhir haid ?

    Terima Kasih

  75. mw tnya dok. . sya mlhrkan bln 12. sya kb tgl 11 bln 2. 1mggu kb dpt haid dan haid lbh dri 15 hri. stlh bersih suami ajak ml. tp anehnya styp ml d dlm kluar darah. knpa ya dok. dan sy harus bagai mana. karna ml terganggu. trima ksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: